Perbedaan 5P dan 7P Dalam Bauran Pemasaran
a. 5P (Konvensional)
5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan
dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target
market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan
eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical
marketing mix’.
1.
Product
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual,
termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan
membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur
kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
2.
Price
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan
servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus
mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin
profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan
memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan
memberikan diskon.
3.
Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk
menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan
langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
4.
Place
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan
dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk
atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien
dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi
bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
5.
People
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja
untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer
service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda,
dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien.
Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan
menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut
orang yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan
kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.
B. 7P (Commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang
dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran
pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya
adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing
mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar
pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi
pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence.
1.
Produk
Produk (product), adalah mengelola unsur produk
termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk
dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan
mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
2.
Harga
Harga (price), adalah suatu sistem manajemen
perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa
dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos
angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan.
3.
Distribusi
Distribusi (place), yakni memilih dan mengelola
saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga
untuk melayani pasar sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk
pengiriman dan perniagaan produk secara fisik.
4.
Promosi
Promosi (promotion), adalah suatu unsur yang
digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang
baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan,
maupun publikasi. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang
telah dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang
peningkatan kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan
produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu
produk.
5.
Sarana Fisik
Sarana fisik (Physical Evidence), merupakan hal
nyata yang turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan
produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara
lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan
barang-barang lainnya.
6.
Orang
Orang (People), adalah semua pelaku yang memainkan
peranan penting dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi
pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen
lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan
penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian jasa.
7.
Proses
Proses (Process), adalah semua prosedur aktual,
mekanisme, dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen
proses ini memiliki arti sesuatu untuk menyampaikan jasa. Proses dalam jasa
merupakan faktor utama dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan
senang merasakan sistem penyerahan jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
Referensi
:
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
(Kamis, 8 November 2018 pukul 19.32 WIB)
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/
(Kamis, 8 November 2018 pukul 19.47 WIB)
https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2016/02/pengertian-marketing-mix-4p-dan-7p.html
(Kamis, 8 November 2018 pukul 20.11 WIB)
https://thidiweb.com/bauran-pemasaran/
(Kamis, 8 November 2018 pukul 20.46 WIB
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html
(Kamis, 8 November 2018 pukul 21.01 WIB)
http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html
(Kamis, 8 November 2018 pukul 21.05 WIB)
Komentar
Posting Komentar